Monday, August 19, 2013

Penambah Vitamin C selain Jeruk

kulinerplus
Kiwi adalah buah berserat yang memiliki kulit berwarna coklat dan berbulu, sedangkan dalamnya berwarna hijau segar berbintik hitam. Buah ini mengandung banyak vitamin salah satunya adalah vitamin c, yang hampir mengalahkan banyakny vitamin c pada jeruk ^^. Buah ini rasanya asam asam manis, yang seger banget dikonsumsi secara langsung maupun dicampur dengan bahan lain sesuai selera ^^. Buah kiwi mengandung serat dan enzim unik actinidin yang berfungsi membantu pencernaan protein sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Manfaatnya, mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti kecing manis, kanker, obesitas, dan penuaan dini, memperlancar proses metabolisme, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah kerusakan sel. Selain itu juga dapat menjadi antikanker, antiperadangan, antialergen dan melawan bakteri: Staphylococcus dan E-coli, yang membuat manusia keracunan makanan.

Berikut adalah cara menikmati buah Kiwi dengan nikmat selain di jus atau dibuat es ^^ yaitu dijadikan pudding, silahkan diliat resepnya juseyo ~~

Resep Puding Kiwi

kulinerplus

Bahan membuat puding kiwi:
Lapisan 1 dan 3
  • Susu putih cair                             600 ml
  • Agar-agar bubuk putih                     1 bungkus
  • Kuning telur                                    2 butir
  • Gula pasir                                       7 sendok bebek
  • Garam                                         1/8 sdt

Lapisan 2 (tengah)
  • Kiwi                                               4 buah
  • Agar-agar bubuk putih                      1 bungkus
  • Air putih                                     300 ml
  • Gula pasir                                      7 sendok b
Cara membuat puding kiwi:
  1. Campur susu cair, gula pasir, dan agar-agar bubuk ke dalam panci. Masak dengan api kecil dan aduk. Masukkan garam dan aduk kembali.
  2. Kocok kuning telur hingga mengental. Tuangkan adonan puding ke dalam tempat kocokan telur sedikit demi sedikit (1/4 adonan saja). Kocok kembali hingga rata.
  3. Masukkan campuran tersebut kembali ke dalam panci tempat memasak adonan puding. Aduk hingga matang.
  4. Setelah uap berkurang tuang adonan ke dalam tempat atau cetakan. (untuk adonan 1 & 3)
  5. Blender kiwi 2 buah dengan air putih 100 ml dan gula pasir selama 40 detik.
  6. Potong melintang 2 buah kiwi (untuk hiasan).
  7. Masukkan hasil blender ke dalam panci. Tambahkan air 200 ml dan agar-agar bubuk. Aduk terlebih dahulu sebelum dimasak. Ini dilakukan untuk mencegah agar-agar tidak menggumpal. Masak adonan dengan api kecil. Aduk merata.
  8. Tata buah kiwi yang dipotong melintang untuk hiasan di atas adonan 1. Lalu siram dengan adonan ke 2 secara perlahan. Tunggu satu tuangan hingga agak keras, baru ditambah lagi hingga adonan  habis.
  9. Tuang adonan ke 3 (dipanaskan lagi karena telah dingin akibat menunggu pengolahan adonan sebelumnya) ke atas adonan ke 2. Dinginkan adonan. Lepaskan dari tempat atau cetakannya. Hidangan siap disajikan.


~Semoga Bermanfaat~

Laper?? KLIK www.kulinerplus.com


Sumber : wikipedia / http://gayahidup.inilah.com / caramembuatpuding.biz


No comments:

Post a Comment